Sistem Informasi Geografi ~ Prayogo Official

Inspira Karya Cipta

9.2.14

Sistem Informasi Geografi

Hari Sabtu kemarin tanggal 08 Februari saya Mengikuti sebuah seminar di Kampus tempat saya mengajar .Topik dari Seminar itu adalah tentang Seminar "Sistem Informasi Geografi".Sebuah topik yang menarik dan cukup baru bagi saya.Karena hal ini erat juga hubungannya dengan IT dimana sistem informasinya juga berbasis Komputer.Bagi Mahsiswa sistem informatika ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat Skripsi.Namun sebelum lebih yuk disimak apa sih SIG (sistem Informasi Geografi) atau kalau Inggrisnya GIS.Yauk disimak paparan dari Wikipedia:
Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.
Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

My Channel

Podcast

MY SCHEDULE

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.