Dunia Dalam Digital

2.11.15

Bagaimana Menyusun Latar Belakang Masalah Penelitian

    Dalam artikel ini saya merujuk dari artikel Pak Romi satria wahono (Ilmucomputer.com).Dalam penelitian apapun baik,paper,skripsi,thesis.Nah terus bagaiman sih membuat latar belakang masalah yang baik?Sebelumnya perlu diketahui bahwa latar belakang masalah penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam menjelaskan topik dari penelitian atau subject area .Banyak pada masalah pembuatan latar belakang yang tidak sesuai dengan latar belakang masalah yang ada dalam penelitian.Latar belakangnya tentang apa dan penelitianya tentang apa. Ada dua kiat yang mungkin bisa dijadikan rujukan dalam membuat latar belakang masalah penelitian:

1.Memahami 2 gaya Penelitian Computing :Sebelumnya perlu dipahami bahwa gaya penelitian di bidang komputer (computing) secara umum terbagi dua yaitu gaya Computer Science(CS) dan gaya Information Systems (IS) (Berndtsson et al., 2008). CS memiliki karakteristik penelitian dan isu berhubungan dengan core technology dan perbaikan metode (method improvement). Sedangkan penelitian IS lebih cenderung ke arah isu tentang interaksi teknologi dan sosial, termasuk diantaranya mengukur dan menganalisa kesuksesan penerapan teknologi dan sistem informasi. Tulisan kali ini akan lebih cenderung ke alur latar belakang masalah penelitian bergaya CS, meskipun tetap bisa digunakan untuk penelitian IS.(romisatriawahono.net
2.Menjawab Pertanyaan WHY pada Judul :Latar belakang masalah penelitian akan menjawab semua pertanyaan MENGAPA (WHY) dari judul penelitian kita. Untuk mempermudah penjelasan, saya akan gunakan, terjemahkan dan revisi paper penelitian (Fei et al, 2008) untuk contoh paper yang kita bahas. Karena judul penelitiannya adalah Prediksi Produksi Padi dengan menggunakan Support Vector Machine berbasis Particle Swarm Optimization, maka latar belakang masalah harus bisa menjawab pertanyaan: 1. Mengapa Padi 2.Mengapa Prediksi Produksi Padi 3.Mengapa Support Vector machine 4.Mengapa Particle swarm optimization. 
3.Membuat Pola Alur dan Dan Pokok Pikiran Paragraf: dalam ulasan ini romisatriawahono.net menjelaskan:Kunci dari keberhasilan menyusun latar belakang masalah penelitian seberapa komprehensif kita merangkumkan penelitian kita. Tulisan yang baik adalah bahwa dengan hanya membaca latar belakang masalah, orang langsung bisa memahami, apa yang kita lakukan pada penelitian kita. Untuk bisa mencapai itu, pokok pikiran seluruh paragraf pada latar belakang masalah penelitian harus memuat dan mengikuti 6 pola alur berikut. Untuk mempermudah mengingat, saya biasanya menggunakan singkatan OMKKMASASOLTU.yaitu : (O) Obyek Penelitian (M) Metode-metode yang ada (KK) kelebihan dan kelemahan metode yang ada.(MASA) Masalah Pada Metode yang ada (SOL) Solusi Perbaikan Metode (TU) Rangkuman Tujuan Penelitian 
4.Menggunakan Cara ATM : Cara paling cepat dan manjur supaya kita mahir menulis paper ilmiah dan tesis adalah dengan melakukan ATM (Amati-Tiru-Modifikasi). Banyak baca paper, lihat bagaimana para peneliti menuliskan hasil penelitian mereka, tiru alurnya tapi tidak nyontek kalimatnya, dan modifikasi pelan-pelan di tulisan yang kita buat. Jangan lupa memilih paper yang dipublikasikan di journal yang berkualitas, karena sudah menjadi rule-of-thumb dalam dunia penelitian bahwa 80-90% paper ilmiah di dunia ini disajikan dengan buruk. Paling tidak supaya tidak tersesat dalam studi literatur, patokan paper yang berkualitas adalah masuk di journal yang terindeks oleh ISI atau SCOPUS, dan memiliki nilai skor yang tinggi untuk penghitungan Journal Impact Factor, Eigenfactor Score, Scimago Journal Rank, atau Source Normalized Impact per Paper. Journal ilmiah di Indonesia untuk bidang computing yang masuk kriteria ini, hanya Telkomnika yang diasuh mas Tole Sutikno cs dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, karena sudah mulai terindeks oleh SCOPUS.
5.Membuat Rumusan Dan Tujuan Penelitian : Ketika kita telah berhasil menyusun latar belakang masalah yang baik seperti di atas, masalah dan tujuan penelitian sudah pasti dapat kita rangkumkan dengan baik. Di Indonesia masalah penelitian, biasanya dirangkumkan dalam format identifikasi masalah (problem statement) dan rumusan masalah (research question).
  


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Podcast

Diberdayakan oleh Blogger.

RESEARCH

Definition List