Mengingat Kembali Perintah "Command Promt" ~ Prayogo Official

Inspira Karya Cipta

12.11.15

Mengingat Kembali Perintah "Command Promt"

Command promt..mungkin sebagian pengguna komputer yang baru udah ga ngerti tapi kalau yang udah senior tentu tidak asing lagi..Buat apa sih Command promt ditulis?...hehhehe..bosen bro nulis multimedia melulu.Emang sih ini tulisan ringan2..rapopo monggo yang lupa diinetin lagi. Lanjut ..jadi command promt ini ternyata sampai Window 7 pun masih diikutkan serta.Berarti masih penting kan? Bahkan sebagian pengguna komputer ini sebagai perintah yang biasanya untuk mengatasi problem.Dimulai dari perintah yang simpe sampai yang compleks.Baik..coba kita liat perintah dasar atau perintah simpel yang biasa digunakan.
  1. Buat yang belum ngerti pakai cara NDESO dulu yaa xixixi..Lewat sini tar nyasar ..Start MENU>>All Program>>Accesories>>>pilih Command promt..atau bisa juga di start menu Run ketik CMD.
  2. DIR (directory) perintah ini untuk menampilkan daftar file dan directory dilokasi folder.tambahkan opsi atau parameter /A.harus dipastikan kalau sebelum garis miring ada sepasi  DIR /A..perhatikan gambar
  3. CD atau CHDIR Kalau yang ini perintah untuk berpindah directory CD dan CHDIR yang mempunyai fitur yang hampir sama.Namun kalau untuk CHDIR kita bisa menuliskan lokasi folder atau file yang ada spasinya tanpa tanda petik dua. CD D: adalah untuk berpindah ke drive D, Kemudian kalau CD.. adalah perintah untuk berpindah directory diatasnya. CD atau CD/ untuk berpindah ke root directory (untuk windows 7/Vista). Misalnya di command prompt kita ada di C:UserAku>, untuk berpindah ke C:, kita bisa mengetikkan CD.. sebanyak 2 kali. Lebih singkatnya kita bisa mengetikkan CD/
  4.   IPCONFIG :Nah kalau perintah ini Sangat bermanfaat dalam hal koneksi internet atau jaringan. Dengan mengetikkan perintah IPCONFIG kemudian di tekan enter, akan ditampilkan alamat IP komputer kita dengan beberapa informasi tambahan seperti Gateway, SubnetMask dan lainnya. Untuk informasi lebih lengkap kita bisa mengetikkan IPCONFIG /ALL.Nah kalau untuk daftar lebih lengkap bisa ditulist perintah IPCONFIG /?.
  5. PING.. Nah kalau yang ini tahu kali yaa? Ping BBM hahhah..Becanda Bro... Perintah PING ini biasanya digunakan untuk mengecek jaringan yang tidak terkoneksi cara menggunakan perintahnya yaaa.. PING diikuti alamat website atau IP Adress yang dituju Contone : PING www.google.com PING 74.125.235.51.Nah jika hasil Reply from itu tandanya koneksi OK ..Nah kalau jawabanya tampilannya REQUEST TIME OUT berarti ada kemungkinan jaringan koneksi bermasalah,atau kabel koneksi bermasalah atau IP alamatnya yang dituju tidak ada .
  6. ATTRIB ..Oke kalau perintah yang satu ini adalah biasa digunakan untuk menampilkan file yang tersembunyi alias ngumpet bro..karena kena Virus atau worm.nah perintahnya bisa begini : ATTRIB *.*-S-H- /S /D
  7. Nah itu gambaran dari perintah ATRIB.
Oke bro samapi disini dulu yaaa..semoga biar singkat dan ringan semoga bermanfaat bagi yang belum tahu,bagi yang sudah tahu semoga bisa amengingatkan kembali.
Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

My Channel

Podcast

MY SCHEDULE

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.