Dunia Dalam Digital

19.3.18

MEDSOS TOKO KITA BUKAN?


"MEDIA SOSIAL ITU BUKAN TOKO MILIK KITA"
Eh teman teman jangan ill fell dulu yaa ..dengan tulisan saya ini 
Baca dulu sampai selesai ya heheh..Jangan Baca judulnya saja.
Kita tahu ya.. Media sosial itu media untuk berjejaring, untuk pertemanan yaa. sampai sini akur yaa .. Nah dunia digital itu memang dinamis sekali, akan mengalami perkembangan,perubahan dan pertumbuhan layaknya seperti manusia..iyaa kan? 

Kita semua tahu yaa..salah satu peran besar yang bisa menaikkan branding seseorang di dunia online adalah Sosial media sepakat yaa. Sosial media meningkatkan jejajring pertemanan hingga jangkauan yang luas hingga luar negeri. 

Pemilik akun sosial media tentu dari banyak kalangan, ada pelajar, ada profesional,ada pebisnis,ada pengusaha,ada penjual, dan lain -lain...jelas yaaak.
Seperti yang saya dikatakan di awal tadi bahwa dunia internet itu dinamis, dunia digital itu dinamis. Seiring dengan tuntutan dan peradaban manusia. Jika pemilik akun sosial adalah semua kalangan , tentu disitu ada pebisnis,pedagang,. Nah ternyata denga seiring perkembangan dunia digital ternyata sosial media, hal ampuh untuk kepentingan Marketing bahkan untuk tempat penjualan sekalipun.

Ingat peradaban manusia semakin maju ingin semakin mudah dan dimudahkan..
Baik ini sini saya mengutip dari media yuk Bisnis tentang data pengguna sosial media .
"AJPII di data hasil polling yang diluncurkan 2016 lalu mengungkapkan, sebesar 129,2 juta pengguna internet di Indonesia mengakses konten media sosial. Facebook menempati urutan pertama sebagai media sosial yang paling sering dikunjungi sebesar 71,6 juta pengguna, disusul instagram sebesar 19,9juta, lalu youtube 14,5juta. "
Nah coba perhatikan pengguna sosial media jutaan..ini sangat potensial untuk pemasaran atau marketing secara digital. Dani kita tak persu susah untuk mendatangi satu persatu karena kita bisa terhubung secara sistematis.
Banyak sekali pebisnis melalui sosial media yang meraup income ratusan juta hingga milyaran rupiah. itu tidak bisa kita pungkiri. Namun kita juga sadar bahwa media sosial bukan Toko online atau market place yang bisa secara otomatis dan sistematis bisa digunakan untuk shoping secara online ..dan tidak bisa merecord semua data base kemudian tersimpan di tempat kita.
Pembuat Media sosial FB, ID dan tweeter..tentu tahu hal ini makanya di tambahkan adanya tool, seperti FB ads, IG ads, dan Tweeter ads. Ini karena mengikuti perkembangan bisnis digital yang merambah sosial media.
TIDAK BISA DI PUNGKIRI...
Tapi setidaknya kita sadar bahwa Sosial media Bukan toko kita.
Dan tidak bisa melayani pembelian dan pembayaran secara systematis seperti marketplace.
SOSIAL MEDIA SEBAGAI PENGGIRING TRAFIK KE TOKO KITA
INGAT bahwa di sosial media bisa membantu di Trafik kita, gunakan sosial media untuk menggiring follower atau trafik kita ke toko online kita atau tempat bisnis kita dengan LINK.
Gunakan sosial media sebagai lahan pameran produk produk kita ..gunakan sebagai pengenalan produk kita.
APA YANG HARUS KITA LAKUKAN
Perkembangan dunia digital begitu cepat, kita ga akan pernah tahu kala itu Friendster yang besar itu akan tumbang oleh Facebook, oleh Instagram. kita juga pernah tahu BBM yang kala itu Gaungnya begitu besar harus tersisih oleh WA, LINE, TELEGRAM...Kita juga tidak terbayangkan Yahoo sebesar itu harus kalah dengan GOOGLE yang kala itu dianggap Newbie.
Sama dengan Facebook.IG dan lain2 sebagai alternatif bisnis On line. Yang harus kita perkuat adalah kita harus punya Toko on line , toh kita bisa punya toko gratis di Marketplace2 ternama secara gratis aatupun berbayar.
Kita perkuat pondasi bisnis kita, kita perkuat jejaring kita di sosial media sebagai sarana marketing kita. Yang harus kita sadari adalah sosial media bisa saja layaknya seperti toko kita..tapi sejatinya media sosial bukan serta merta toko kita..
Nah ini hanya pendapat dan analisa saya mungkin dengan dinamika digital bisa saja sosial media bisa sekaligus aplikasi toko juga..
Terima kasih telah membaca tulisan saya yang panjang yaa,,, semoga semakin menambah wawasan
salam hangat
Surya Prayogo
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Podcast

Diberdayakan oleh Blogger.

RESEARCH

Theme Support

Definition List