Dunia Dalam Digital

24.2.21

LARAVEL FRAMEWORK

 


Membangun website diera sekarang rasanya sudah begtu mudahnya, dengan munculnya banyak frame work, tentu ini memudahkan  bagi para pemula untuk mempelajarai dan membangun web dengan cara mudah dan tidak terlalu banyak ngoding.

Dengan banyak nya Frame work baru yang bermunculan, tentu semakin banyak pilihan untukkita unuk membangun website. Adapaun Frame work yang saat ini popular sekali adalah LARAVEL. 

Pengembangan web akan terasa lebih mudah jika kita menggunakan tools yang tepat dan sesuai.Framework yang baik adalah framework yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi web yang akan Anda bangun. Tidak hanya itu, framework juga harus bisa menyederhanakan proses pembuatan dan menghasilkan performa yang aplikasi web yang lebih maksimal. Dengan demikian kita mesti menggunakan Framework yang tepat.

Laravel adalah salah satu framework yang sederhana namun power full, laravel juga bisa menyerderhanakan proses pembuatan, dn menghasilkan aplikasi web yang maksimal.

Lalu apa itu laravel sesungguhnya?

Teman teman pasti tahu bahasa pemrograman PHP?  Nah Laravel adalah satu-satunya framework yang membantu Kita untuk memaksimalkan penggunaan PHP di dalam proses pengembangan website. 

PHP merupkan  pemrograman yang sangat dinamis, Namun  semenjak adanya Laravel, dia menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan simpel. Setiap rilis versi terbaru, Laravel  selalu memunculkan teknologi baru di antara framework PHP lainnya.

Perlu diketahui Laravel itu diluncurkan sejak tahun 2011 dan mengalami pertumbuhan yang cukup eksponensial. Di tahun 2015, Laravel adalah framework yang paling banyak mendapatkan bintang di Github. Sekarang framework ini menjadi salah satu yang populer di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Tentu saja bagi teman teman yang sering menggunakan bahasa pemrograman PHP tentu semakin terbantu denga adanya Laravel.

Laravel lebih fokus pada end user, yang berarti fokus pada kejelasan dan kesederhanaan, baik penulisan maupun tampilan, serta menghasilkan fungsionalitas aplikasi web yang bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini membuat developer maupun perusahaan menggunakan framework ini untuk membangun apa pun, mulai dari proyek kecil hingga skala perusahaan kelas atas.

LARAVEL UNTUK PROSES PENGEMBANGAN WEBSITE

Dengan Laravel memberikan beberapa keuntungan, antara lain yaitu

  • Website menjadi lebih scalable (mudah dikembangkan).
  • Terdapat namespace dan tampilan yang membantu Kita untuk mengorganisir dan mengatur sumber daya website. 
  • Dalam proses pengembangan menjadi lebih cepat sehingga menghemat waktu karena Laravel dapat dikombinasikan dengan beberapa komponen dari framework lain untuk mengembangkan website.

Ada 2 tools andalan Laravel yang jarang dimiliki oleh frmework lainya yaitu COMPOSER dan ARTISAN.

Apa sih Composer dan Artisan itu?

COMPOSER

Composer adalah  merupakan tool yang di dalamnya terdapat dependencies dan kumpulan library. Seluruh dependencies disimpan menggunakan format file composer.json sehingga dapat ditempatkan di dalam folder utama website. Inilah mengapa composer terkadang dikenal dengan dependencies management.

Pertanyaannya lain, apa itu dependencies management?

Misal Kita mempunyai sebuah website yang membutuhkan sebuah library. Kita ambil contoh library untuk mengimplementasikan validasi dan proteksi untuk spamming, yaitu Google reCaptcha.

Tentu saja untuk menyediakan Google reCaptcha tidak bisa menggunakan satu library saja, tapi membutuhkan beberapa library. Anda tidak mungkin menginstall satu per satu library.

Nah... Composer membantu Kita untuk menginstall library yang dibutuhkan oleh library Google reCaptcha. Jadi jika menggunakan composer Kita tinggal menginstall library Google reCaptcha dan secara otomatis library lain akan terinstall.

ARTISAN

Apakah Sudah pernah tahu  ini sebelumnya ? Artisan adalah merupakan command line interface yang dimiliki oleh Laravel. Artisan mencakup sekumpulan perintah yang membantu Anda untuk membangun sebuah website atau aplikasi web.

Kumpulan perintah Artisan juga termasuk penggabungan dengan framework Symphony yang menghasilkan fitur add-on di Laravel 5.1 (sekarang sudah masuk ke versi Laravel 5.8). Dengan adanya fitur add-on, Kita bisa menambahkan berbagai macam fitur baru ke Laravel.

Nah itu teman teman sedikit ulasan tentang Laravel jangan lupa baca postingan yang lain juga ya seputar website.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Podcast

Diberdayakan oleh Blogger.

RESEARCH

Theme Support

Definition List