Dunia Dalam Digital

5.3.20

Penelitian Tugas Akhir (Part 1)

Sahabat Kampus kalau kita dengar tugas akhir atau skripsi membuat sebagian para Mahasiswa mengerutkan keningnya dan membuat raraut wajah yang berubah. Seolah penelitian tugas akhir itu sebuah monster yang menakutkan. Bukan hanya pada sulitnya melakukan penelitian, Dosen pembimbing yang sulit ditemuin. Atau dosen pembimbing yang seolah mempersulit. Belum lagi melakukan pencarian data dan identifikasi masalah,belum revisi yang tak kunjung ada habisnya.
Pokoknya kalau boleh dibilang bikin puyeng dan sterss.

Penelitian tugas akhir butuh IQ dan mental yang kuat dalam mengerjakannya tentunya. Beberapa tulisan yang selalu jadi rujukan dalam penelitian adalah tulisan Pak Romi Satriowahono, tulisan simple, ilmiah dan mudah dipahami. Dalam tulisan ini saya juga mengutip dari uraian dan teori beliau. Baik dilanjut yaa..

Kembali lagi yaa..pada hakekatnya penelitian itu "memecahkan masalah yang dihadapi". Penelitian itu sebetunya terjamahan dari bahasa Inggris Research yang secara bahasa mengandung makna : re (kembali) to search (mencari) menurut T. Hilway yang dikutip oleh Pak Romy SW telah merangkum yaitu ; definisi penelitian adalah "studi yang dilakukan seseorang melalui penyedikan yang hati- hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap suatu masalah tersebut.

Baik dilanjut yaa, sebelum dilanjut kita liat inti dari sebuah penelitian bisa dilihat dari beberapa sudut pandang yaitu :

  1. Tingkat penerapan ( Penelitian Dasar, Penelitian Terapan)
  2. Jenis Informasi yang diolah (penelitaian Kuantitatif , Penelitian Kualitatif
  3. Perlakuan terhadap data ( Penelitian Konfimatori, Penelitian Eksploratori)
  4. Tujuan ( Penelitian Deskripsi, Penelitian Korelasi, Penelitian Eksperiment)
Jika kita gambarkan hubungan dan himpitan antara jenis penelitian, bentuk yang mudahnya akan seperti dibawah ini ( ditulis ulang dari Ronny Kountur, 2007) dan untuk kali ini saya tulis ulang dari ( Pak Romi SW. Jadi secara umum setiap penelitian memberi efek kecenderungan ke jenis dibawahnya. Contoh, penelitian deskripsi itu biasanya kualitatif dan sifatnya eksplanatori, sebaliknya penelitian eksperimen dan kolelasi biasanya pengolahan datanya kuantitatif dan sifatnya konfimatori.Berikut ini jika digambarkan :
Sumber gambar ( Blog : romisatriowahono.net) 
Baik untuk sementara ini dulu tulisan ini dan masih bersambung tulisanya di tulisan berikutnya. jadi nanti bisa dilanjutkan membacanya ditulisan lanjutannya (bersambung)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Podcast

Diberdayakan oleh Blogger.

RESEARCH

Definition List