Dunia Dalam Digital

9.8.21

WIREFRAME ITU APA? YUK KENALI...

 


Ketemu lagi teman teman  digital semuanya, untuk kali ini saya mau nulis tentang Wireframe untuk website. sudah Tahu apa itu wireframe. Owh iya sebelum kita lebih lanjut bicara wireframe. semoga teman teman semua sehat yaa. Seiring dengan PPKM yang masih diperpanjang yuk tetap produktif walaupun dalam kondisi dirumah. Dan mau tidak mau sekarang sudah the real digital. Welcome era digital yang sesungguhnya. Oke yuk kita lanjut.

Apa itu wireframe?

Wireframe merupkan slah satu tahapan yang penting dalam proses perancangan produk dgital. Tak terkecuali dalam prose pembuatan website. Sebelum masuk masuk ke tahap pengembangan atau develoment, web developer biasanya terlebih dahulu meminta bantuan UI/UX designer untuk membuat sebuah wireframe.

Lalu apa sih wireframe itu penjelasannya? yukk disimak

Wireframe adalah sebuah kerangka yang berfungsi sebagai atau untuk tata letak sebuah  website sedemikian rupa agar sesuai dengan keinginan dari klien sebelum masuk ke tahpan desain dan coding.

Lalu bagaimana proses pembuatan wireframe?

Pembuatan wireframe biasanya dilakukan dilakukan oleh seorang UI Designer dengan memanfaatkan software desain khusus untuk wireframe ataupun bisa dilakukan coretan khusus manual.

Apa saja Komponennya?

Adapun Komponen yang menjadi bahan untuk proses wireframe meliputi, bagian header bodycontent, footer, sidebar serta komponen tambahan yang lain nya jika ada.

Dan secara umum perbedaan mendasarnya antara wireframe dan mockup ada pada tingkatan fidelity, dimana wireframe termasuk dalam low fidelity, sementara mockup ada pada tingkatan atau level high fidelity.

KOMPONEN  WIREFRAME WEBSITE

Didalam website mempunyai komponen yang wajib ditampilkan agar pengunjung bisa semakin mudah mendapatkan dan menemukan informasi yang dibutuhkan. Yuk kita simak koponen dalam proses pembuatan wireframe.

1. LAYOUT

Pertama yang harus diprsiapkan dalam membuat wireframe website adalah antarmuka atau interface atau layout utama. Elemen yang termasuk dalam layout melipute bagian header (kepala), menu navigasi, body, pemilihan jenis dan ukuran font hingga pemilihan letak sidebar (mau ditaruh sebelah kiri atau kanan)

2. NAVIGASI

Apa itunavigasi?

Navigasi itu kalau diibaratkan dengan tempat wisata adalah bagian peta dan petunjuk arah yang biasa digunakan para pengguna untuk menjelajahi isi konten yang ada. Jadi Navigasi ini benar -benar dikonsep secara matang mulai dari proses wireframe agar kedepan lebih nyaman dan mudah digunakan oleh penngunjung.

3. ELEMEN TAMBAHAN

selain dari mebuat layout Antarmuka serta navigasi, komponen selanjutnya yang perlu disiapkan  saat membuat wireframe wibsite adalah element pendukung. Element atau bgian ini biasanya jumlahnya berbeda tiap website.

Misalnya untuk website toko online setidaknya memerlukan Fitur Form konfermasi pesanan, fiur cek resi, serta layanan chat untuk diskusi antara penjal dan pembeli. Contoh wireframe



MANFAAT DAN KEUNTUNGAN WIRE FRAME APA SAJA

Apa sih Manfaat dan keuntungannya?

salah satunya mempermudah tugas web developer adanya wireframe dalam proses pembuatan web memberiri keuntungan dari sisi klien.

apa saja manfaatnya yuk disimak:

1.Menghemat waktu untuk edit dan revisi pada saat project pembuatan website sudah selesai.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen karena apa yang akan didapatkan sudah tergambar jelas didepan

3.Memberikan gabaran website diawal.

Oke teman teman demikian sekilas dan singka tentanng wireframe. Jangan Lupa juga untk baca artikel tentang UI dan UX


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

NETWORKING

Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Podcast

Diberdayakan oleh Blogger.

RESEARCH

Theme Support

Definition List