Cara sinkronisasi Aplikasi di Android Studio ke Firebase ~ Prayogo Official

Ikatlah Ilmu dengan Menuliskanya

3.7.22

Cara sinkronisasi Aplikasi di Android Studio ke Firebase

 MENGENAL FIREBASE


Firebase merupakan adalah merupakan layanan dari google yang memberikan banyak kemudahan para developer aplikasi dalam hal pengembangan aplikasinya. Firebase juga merupakan solusi yang diberikan pengembang untuk mempercepat pekerjaan developer aplikasi.

Dengan adanya firebase para pengembang tentu saja akan lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi, tanpa harus berusaha lebih besr lagi dalam hal membangun usrusan backend.

Firebase pertama didirikan yaitu padatahun 2011, masih terbilang baru tapi suudah lama, oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Diawal produknya firebase adalah Realtime Database. Realtime Data base yang digunkan  para developer untk menyimpan data dan syincronize ke banyak user. Singkatnya sebagai layan pengembang aplikasi .Pada bulan oktober 2014, firebase diakuisisi sang Raksasa digital yaitu GOOGLE. Firebase layanannya ada yang sifatnya free dengan batasan batasan tertentu. Dan juga level yang premium atau berbayar dengan fitur atau kelebhan tertentu.

Ada 2 layanan yang perlu diketahui antara lain :

1. SPARK : layanan ini digunakan secara gratis (Free)

2. BLAZE : Kita akan dikenakan biaya sesuai dengan pemakaian layanan.

FITUR DATABASE

  1. Firebase Analystics :Adalah salah satu fitur fitur firebase yang digunakan untuk koleksi data dan reporting untuk aplikasi Android maupun Ios. Dan Koleksi datanya pun sangat bervariasi. Antara lain membuat suatu laporan atau report untuk penggun aplikasi untuk negara Indonesia saja , atau bisa juga negara lain seperti Singapore atau yang lainnya. Lalu apa kelebihan dari fitur ? kelebhannya yaitu memungkinkan kita untuk bisa membuat segentasi berdasarkan Atribut. User attribute itu Apa? User attribute adalah sebuah parameter yang bisa digunakan seagai filter yang bertujuan untuk reporting dan notifikasi. Sebagai contohnya pada aplikasi online shop. Dengan User attribute kita bisa tahu jumlah jumlah user yang membeli Handphone merek "X" atau bahkan mencari atu tentang jam berapa si user melakukan transaksi.
  2. Firebase Cloud Messaging And Notification : Firebase Cloud Messaging atau FCM adalah menyediakan koneksi yang cukup lumayan Handal dan tentunya ini juga hemat baterai antar server maupun antar device. Sehingga kita dapat mengirim dan menerima pesan dan Notifikasi di antroid maupun IOS, serta web tanpa perlu Biaya. Dalam mentargetkan pesan lnjutan, kita dapat dargetkan pesan dengan mudah mengguakan segment yang telah ditentukan sebelumnya yakni menggunakan demografi dan behavior prilaku. Kita bisa menargetkan pesan ke perangkat yang telah berlangganan pada topik tertentu. Bisa juga  menargetkan hanya ke satu perangkat untuk mendapatkan informasi data yang terperinci. Biasanya ini dilakukan untuk proses pengujian.
  3. Firebase Autehentication : Firebase Authentication merupakan satu layanan back end, fitur android dan Ios, SDK yang mudah digunakan serta tampilan interface yang sudah siap apakai untuk mengauthentikasi pengguna ke aplikasi yang Kita buat. Firebase Authentication mendukung authentikasi menggunakan nomer, telpon, samdi, penyedian identitas gabungan popular antara lain seperti Facebook, Google, dan yang lainnya. Selain itu Firebase Authentication juga terintegrasi dengan layanan firebase yang lainnya. Sistem ini memanfaatkan berbagai jenis standrt industri, seperti OAuth 2.0 OpenID Connect, yang memudahkan integrasi dengan backend yang khusus buatan Kita.
  4. Firebase Cloud Store : merupakan database yang bersifat fleksibel dan terukur untuk pengembangan perangkat seluler, web dan server di Firebase dan google cloud platform. Sama halnya dengan firebase realtme database, Cloud Firestone membuat data kita tetap terkoneksi diaplikasi seluler dan web. Dengan demikian kita dapat mebuat aplikasi kita lebih powerfull, responsif, serta mampu bekerja tanpa tergantung pada koneksi internet. Cloud Fire adalah merupkn database NoSQL yang dihosting di Cloud dan dapat diakses melalui SDK real oleh aplikasi IOS , android dan web.
Dan masih banyak fitur yang lainya termasuk dianranya, firebase realtime dan Firebase Hosting. Buat teman teman yang ingin ngulik bagaimana cara sinkronisasi Aplikasi ke Fire base bisa langung ke channel :





Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Podcast

DAFTAR SHOPEE AFFILIATE

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

SEARCH