Android Dasar "VIEW" ~ Prayogo Official

Inspira Karya Cipta

6.7.22

Android Dasar "VIEW"

 Apakah View itu?

Apakah ViewGroup?

Apa Gunanya dan seperti apa contohnya?

Pada saat kita menyusun layout untuk membuat desain aplikasi Android. Kita membutuhkan View maupun ViewGroup. ViewGroup itu memudahkan kita pada saat menyusun desain layout pada aplikasi Android sesuai dengan keinginan kita.

ViewGroup yang ada pada desain aplikasi Android adalah merupakan view yang didalamnya dapat memiliki view.

ViewGroup merupakan yng utama dalan penyusunan desin XML aplikasi. Karena group bertugas sebagai wadah bagi view dan view group lainnya. view dan iew Group bisa kita gunakan pada layout XML pada Android studio.

Ada beberapa contoh Viewgroup adalah LINEAR layout, RelativeLayout, Frame Layout dan constraintlayout. yuk disimak :

  1. LINEAR LAYOUT : LinearLayout ini berfungsi untuk menampilkan view atau komponen-komponen yang ada didalamnya untuk ditampilkan secara vertikal maupun Horisontal. Sehingga  tampilan viewnya akan sejajar vertikal dan Horisontal, sehingga menjadi rapi.

  2. RELATIVELAYOUT : RelativeLayout dikarenakan komponen yang da didalam dapat saling berelatif satu dengan yang lainnya. Pada layout ini tata letak view bergantung pada view lainnya. Bedanya kalau di LinearLayout hanya pada posisi vertikal dan horisontal, tapi kalau RelativeLayout posisi view atau komponen bisa diatas, atau  dibawah, dikanan, ataupun dikiri. 

  3. FRAMELAYOUT : FrameLayout  ini khusus untuk fragment bukan activity. akan tetapi kita dapat memakai juga untuk activity jika kita inginkan dan butuhkan. Pada saat kita menggunakan Framelayout, View seperti, Text View, ImageView, dan data lainya akan saling menumpuk. Yang pertama akan berada paling bawah dan yang terakhir akan berada diatas. 
  4. CONSTRAINTLAYOUT : sebetulnya layout jenis ini mirip dengan relativelayout, dimana komponen-komponennya yang terdapat didalamnya dapat berelative satu dengan yang lainnya ataupun dengan constraint layout itu sendiri. Tapi tata letak viewnya dan komponennya tergantung satu dengan yang lainnya. Tapi bagusnya yaa auto generate android pada layout menggunakan ConstraintLayout. Bisa dikatakn ini lebih baik dan lebih mudah digunakan di layout editor kita.
kalau view dalah komponen  yang terdapat didalam viewgroup. Adapun penggunaan view wajib dalam viewgroup sebagai isi dari ViewGroup.View dapat berinteraksi dengan pengguna 
Contoh view :
1. TextView
2. ImageView
3.CheckBox
4.Button
5.ListView
dan masih banyak yang lainnya. atau seperti gambar dibawah ini

Nah ini dulu ya temen - temen next dilanjut lagi untuk permrograman android dasar.



Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

My Channel

Podcast

MY SCHEDULE

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.