Cara Membuat View (Android Studio Dasar) ~ Prayogo Official

Inspira Karya Cipta

10.7.22

Cara Membuat View (Android Studio Dasar)

 Hi temen-temen kita lanjut Pembahasan kita di pemrograman Android kita, untuk kali ini kita lanjut bahasan tentang View.

Seperti kita ketahui semua Komponen UI di Android adalah merupakan turunan dari view. Ada banyak sekali komponen yang ada di Android. Bahkan layout  juga termasuk turunan kelas view, dan class di android itu banyak sekali jenisnya, kita bisa cek di menu Navigate  (atau tekan CTRL + N) di android studio untuk melihat banyak class.

Dan dibawah ini cotoh class nya 

Contoh cara bikin view di text di android studio, pastikan kita sudah ada project atau bikin project baru : 
Dan melanjutan dengan membuat memberikan nama project ;
Pada saat pertama kali kita membuat project baru (aplikasi ) secara otomatis kita sudah templete view text di aplikasi perdana kita, berupa layout dan Text view yaitu " Hello word!" sehingga kita tingga menambahkan view lainnya sesuai view yang kita butuhkan pada aplikasi yang akan kita buat. dibawah ini contoh saat kita ingin membuat sebuah class Button pada aplikasi kita. sebetulnya kita sudah dimudahkan karena secara templete di android studio, class button sudah ada tinggal kita mengtur  parameter class yang kita buat, kalau Button, seperti ukuran button, orientasi button dan seterusnya.Temen-  temen tinggal menyesuaikan saja ukuran dan lain -lainnya.

Untuk tentang view selengkapnya temen-temen bisa langsung ngulik ke situs resminya yaa di : developer.android.com


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

My Channel

Podcast

MY SCHEDULE

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.